Profil Desa

Profil Desa

 

DESA Kedunggading, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, mempunyai luas wilayah sekitar 188,628 hektare. Di sebelah utara desa ini berbatasan dengan Desa Galih (Gemuh), sebelah timur dengan Triharjo (Gemuh).

Adapun di sisi selatan berbatasan dengan Kedungasri (Ringinarum), dan barat Desa Ringinarum (Ringinarum). Tidak banyak yang mengetahui secara pasti cerita asal mula nama Desa Kedunggading tersebut.

Namun, menurut penuturan dari sejumlah orang tua, secara turun temurun, konon sejarah Desa Kedunggading berasal dari penggabungan kedung atau embung dan tanaman pring gading atau pohon bambu warna kuning. Di Desa Kedunggading banyak tumbuh pohon pring gading.

''Konon di tengah kedung atau embung tersebut, tumbuh pohon pring gading, sehingga desa tersebut diberi nama Kedunggading. Kendati kemarau, air di kedung itu tidak pernah surut,'' kata Asri, salah seorang warga.

Meski demikian, imbuh dia, masih perlu dilakukan penelitian lebih mendalam sejarah terbentuknya nama desa tersebut. Warga saat ini masih mempercayai cerita turun temurun yang beredar di masyarakat. Kedunggading memiliki lima Rukun Warga (RW) atau dusun, yakni Kedungwungu, Tapak Timur, Tapak Barat, Gading, dan Cabean.

Desa tersebut memiliki 34 RT. Luas tanah sekitar 188,628 hektare dengan tanah sawah 111 hektare dan bukan sawah 77,628 hektare. ''Desa Kedunggading ini merupakan desa dengan tiang penyangga ekonomi di sektor pertanian,'' tambahnya.

Kades Kedunggading, Budiyono menambahkan, komoditas pertanian yang menjadi andalan antara lain padi, tembakau, jagung, dan tanaman holtikultura seperti bawang merah, semangka, dan melon. Pekerjaan warga beragam. Namun, sebagian besar merupakan petani. Selain itu ada yang bekerja sebagai buruh bangunan, dan pedagang.