Berita

SEDEKAH BUMI DESA KEDUNGGADING

  • 31-08-2022
  • kedunggading01
  • 94

KEDUNGGADING - Pemerintah Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum Selasa (16/8/2022) melaksanakan acara sedekah bumi. Acara sedekah bumi ditandai dengan kirab gunungan hasil pertanian dan makanan lainnya.

Kemudian aneka makanan dan jajanan tersebut di makan bersama sama ditempat yang telah di sediakan/ tengah sawah. “Kirab dimulai dari balai Desa Kedunggading kemudian berjalan menuju tengah sawah” kata Budiyono Kepala Desa Kedunggading.

Kepada awak media yang mewawancarainya lebih jauh di katakan, tradisi sedekah bumi merupakan acara yang di selenggarakan setiap tahun.

Untuk tahun ini pelaksanaannya lebih meriah di banding tahun tahun sebelumnya. “Panitia juga menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Sedekah Bumi ini” tambah Budiyono.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain istighosah, haul Kyai Romli yang merupakan ulama sekaligus sebagai pendiri Desa Kedunggading.

Selanjutnya ada pengajian dan santunan anak yatim, ada 25 anak yang memperoleh santunan. “Alhamdulillah antusias masyarakat untuk memberi santunan cukup menggembirakan” imbuhnya.

Ditambahkan Kirab Sedekah Bumi memang baru pertama kali dilaksanakan, sebelumnya hanya acara Bersih Desa dan doa bersama yang dilaksanakan di balai desa.

Dalam kirab Sedekah Bumi ini pihak panitia juga menggandeng lembaga pendidikan yang ada seperti PAUD,TK maupun SD. Dengan demikian pesertanya cukup banyak. ‘Kami juga memberikan door prize bagi peserta kirab” pungkas Budiyono.