Berita

MEMPERKENALKAN SENI BUDAYA SINGO BARONG SEJAK DINI

  • 22-02-2022
  • kedunggading01
  • 134

 

Kedunggading- Pada akhir tahun 2021 kemarin di dusun tapak timur desa kedunggading ada kegiatan anak kecil main tari singo barong yang mana seni tersebut dari jawa.

berikut ulasan mengenai seni jawa

INDONESIA sangat kaya budaya daerah. Budaya daerah termasuk di dalamnya tradisi merupakan kekayaan bangsa sehingga sudah seharusnya dilestarikan. Tradisi dan budaya tersebut diwariskan secara turun-temurun dan diciptakan oleh nenek moyang kita sebagai sarana untuk pemujaan kepada Sang Pencipta, sebagai hiburan dan rekreasi. Tradisi dan budaya tersebut berupa bahasa, kesusateraan, seni musik, lagu, tarian, mainan, rumah adat, permainan, olahraga, kuliner dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya zaman dan pergantian generasi, ada kalanya tradisi yang telah dipertahankan dan dijaga dengan baik oleh para leluhur kita secara perlahan-lahan mulai luntur. Generasi muda, karena pengaruh dari budaya modern yang kembang serta disukai mereka, sedikit demi sedikit mulai melupakan dan tidak meminati budaya asli tradisionalnya. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka tidak mustahil warisan asli budaya tradisional akan punah dengan cepat.

Keragaman budaya tradisional di masing-masing daerah di Indonesia menambah keunikan sebagai bangsa yang besar. Zaman boleh berubah, generasi boleh berganti, namun kelestarian budaya tradisional adalah tanggung jawab kita bersama untuk melestarikannya. Bukan tanpa alasan, mengenalkan budaya bangsa kepada anak akan menumbuhkan kesadaran akan arti pentingnya mencintai budaya bangsa sendiri.

Menanamkan rasa bangga dan mencintai dengan sepenuh hati warisan tradisonal budaya asli perlu ditanamkan sejak dini. Anak-anak sejak dini perlu diberi pemahaman bahwa budaya kita mencerminkan nilai-nilai moral bangsa Indonesia dan identitas bangsa di tengah-tengah masyarakat dunia. Jika bangga dan mencintai budaya asli kita sendiri, maka bangsa lain akan mengetahui asal-usul kita dan menghargai serta menghormati kita.

Indonesia terdiri atas ribuan pulau, di masing-masing pulau memiliki tradisi. Bahasa yang berbeda-beda, seni budaya yang beraneka ragam membuat Indonesia menjadi salah satu negara terkaya di dunia dalam kepemilikan budaya tradisonal.

Karena begitu pentingnya budaya tradisonal sebagai ciri khas bangsa kita, maka sudah sepantasnya kita mencintai dan melestarikan budaya-budaya tersebut supaya tidak punah. Sangat bijak bila budaya itu kita kenalkan dan kita ajarkan sejak dini.

OJO LALI KALAU MAU LIHAT VIDEONYA ADA DI YOUTUBBE PEMDES KEDUNGGADING OKE KAWAN